Manfaat Buah Dan Biji Pala, Cara Meramu Pala Menjadi Obat

Manfaat Dan Khasiat Buah & Biji Pala - Meramu buah dan biji Pala Untuk Obat Desentri, Maag, Mencret, Menghentikan Muntah, Mual, Mulas, Perut Kembung, Suara Parau & Serak - Buah pala jarang kita jumpai, pala termasuk rempah rempah yang memiliki nilai jual yang tinggi, itulah mengapa Buah Pala menjadi salah satu yang menarik bangsa penjajah ntuk menguasai Indonesia terutama daerah Maluku yang memang daerah kaya akan buah pala.


Buah Pala Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya berbentuk lonjong seperti lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya. Bila masak, kulit dan daging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkus fuli yang berwarna merah. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna coklat.

Biji Pada buah pala mengandung minyak atsiri 7 % sampai 17% baerbau wangi sehingga baik untuk bahan pharfum. Pohon buah pala tumbuh sangat lamabt sehingga pada usia 7 smapai 9 tahun sejak ditanam baru menghasilkan buah, namun umur pohon buah pala termasuk panjang umurnya sebab bisa mencapai ratusan tahun dan tinggi hingga 20 meter.

Khasiat Dan Manfaat Buah & Biji Pala

Selain untuk bahan pembuatan pharfum dan sabun, Bubuk pala juga dipakai sebagai penyedap untuk roti atau kue, puding, saus, sayuran, dan minuman penyegar. Buah dan biji pala juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Khasiat buah dan biji pala bisa anda gunakan untuk;

1. Menjaga Kepintaran Otak
Buah pala mengandung sejumlah minyak esensial, misalnya macelignan dan myristicin. Kedua komponen minyak esensial ini dibuktikan sanggup menekan proses degradasi fungsi kognitif serta jalur saraf yang seringkali dialami oleh pengidap demensia atau penyakit Alzheimer.

2. Mengatasi Bau Mulut
Khasiat buah pala yang satu ini berkaitan erat dengan fungsinya sebagai antibakteri. Penyebab utama dari bau mulut seringkali ialah bakteri yang menumpuk di dalam mulut sehingga menimbulkan bau tak sedap. Sebagai antibakteri, buah pala mampu membersihkan mulut dari bakteri-bakteri tersebut.

3. Meredakan Nyeri
Buah pala punya kandungan senyawa yang menyerupai mentol. Seperti yang sudah diketahui, mentol memiliki kemampuan untuk meredakan rasa sakit. Karena itu, buah pala juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri akibat cedera, luka, atau radang sendi artritis.

6. Mengatasi Kesulitan Tidur
Buah pala sering direkomendasikan sebagai obat insomnia alami. Jika Anda kerap mengalami susah tidur, cobalah minum segelas susu hangat yang ditambahkan sejumput bubuk pala di malam hari sebelum tidur. Kandungan magnesium dalam buah pala dapat mengurangi ketegangan saraf, serta mendorong produksi serotonin untuk meberikan efek rileks pada tubuh.

7. Menyingkirkan Racun dari Tubuh
Banyak faktor eksternal, termasuk stres, rokok, obat, dan pola makan, mengakibatkan penumpukan racun di organ tubuh. Ginjal dan liver adalah dua organ yang paling rentan jadi tempat berkumpulnya racun. Bila dikonsumsi, buah pala bisa berguna untuk membuang racun-racun tersebut agar tidak menumpuk. Selain itu, buah pala juga dapat mencegah sekaligus menghancurkan batu ginjal.

8. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Khasiat buah pala dapat digunakan untuk menyembuhkan Desentri, Maag, Mencret, Menghentikan Muntah, Mual, Mulas, Perut Kembung,. Biasanya minyak pala yang dimanfaatka untuk meredakan sakit perut dengan menyingkirkan gas berlebih dari dalam organ pencernaan.


Cara Pemakaian Buah & Biji Pala Untuk Obat

Biji Pala Serbuk Campur Pisang Batu Untuk Obat Dalam
Biji pala serbuk 1 gram, buah pisang batu (serbuk) 6 gram, air 100 ml. 
Silahkan diseduh dan diminum untuk 1 kali 100 mili diulan selama 30 hari

Biji Pala Campur Bahan Lain Untuk Pemakaian Luar
Biji pala serbuk 2 butir, rimpang jahe, bunga kuncup cengkeh (serbuk) 7 bunga, air 50 ml
Silahkan diseduh, dibalurkan pada leher, bila perlu ditambah minyak kayu putih sedikit, diperbarui setiap 3 jam.

Baca Juga: Manfaat Dan Cara Meramu Pacar Air Sebagai Obat
Begitulah manfaat dan khasiat Buah dan biji Pala sebagai bahan pharfum, sabun, untuk bahan penyedap roti atau kue, puding, saus, sayuran, dan minuman penyegar. Kemudian seagai obat herbal segala penyakit.

Reverensi: 
https://id.wikipedia.org/wiki/Pala
https://www.deherba.com/khasiat-buah-pala-yang-baik-bagi-kesehatan.html
Advertisement
Manfaat Buah Dan Biji Pala, Cara Meramu Pala Menjadi Obat