Cara Meramu Daun & Buah Jeruk Purut Menjadi Obat - Manfaat/Khasiat Jeruk Purut

Cara Menyembuhkan, Mengatasi influenza, badan terasa lelah, rambut kepala yang bau (mewangikan kulit), kulit bersisik dan mengelupas Dengan Buah dan dun jeruk Purut - Bagi anda yang hidup di perkotaan mungkin jarang bahkan belum melihat jeruk purut, karena memang jeruk purut jarang di tranam sebab bukan untuk dimakan, rasanya yang asam pahit bukan pilihan yang tepat untuk di konsumsi. Bentuk fisik jeruk purut bulat tapi kasar dan berbintik, warnanya hijau tua, baunya harum menyengat, Jeruk purut sering digunakan dalam masakan, pembuatan kue,atau dibuat manisan. Jeruk purut dapat diperbanyak dengan cangkok dan biji.

Manfaat - Khasiat jeruk Purut

Kandungan Buah Jeruk Purut

Namun tahukah anda justru dari keunikan jeruk purut inilah menjadikan bahan obat herbal, Bagian yang digunakan adalah buah dan daun. Kandungan senyawa yang dapat ditemukan pada daun dan kulit jeruk purut adalah:
  • Pada Daun mengandung tanin 1,8%, steroid triterpenoid, dan minyak asiri 1 - 1,5% v/b. 
  • Kulit buah mengandung saponin, tanin I%, steroid triterpenoid, dan minyak asiri yang mengandung sitrat 2 - 2,5% v/b.

Manfaat Khasiat Jeruk Purut:

Daun jeruk purut berkhasiat stimulan dan penyegar. Kulit buah berkhasiat stimultan, berbau khas aromatik, rasanya agak asin, kelat, dan lama-kelamaan agak pahit.
Indikasi:
Buah, jeruk purut digunakan untuk mengatasi :
  • influenza,
  • badan terasa lelah,
  • rambut kepala yang bau (mewangikan kulit), serta 
  • kulit bersisik dan mengelupas.
Daun,jeruk purut digunakan untuk mengatasi :
  • badan letih dan lemah sehabis sakit berat. 

Cara Meramu/Membuat Jeruk Purut Menjadi Obat

Cara Pemakaian
  • Untuk obat yang diminum, sediakan 1 - 2 buah air jeruk purut yang telah masak, lalu minum.
  • Untuk pemakaian luar, belah jeruk purut menjadi 2 - 4 bagian, lalu gosokkan ke kulit yang bersisik atau air perasan buahnya digunakan untuk membasahi rambut setelah keramas.
1. Influenza
Potong sebuah jeruk purut masak dan banyak airnya, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Minum sekaligus selagi hangat.

2. Kulit bersisik dan mengelupas
Belah jeruk purut tua menjadi dua bagian. Gosokkan pada kulit yang bersisik, kering, dan mudah mengelupas di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan satu kali sehari, malam sebelum tidur.

3. Mengharukan Rambut Kepala
Cuci 1 buah jeruk purut masak sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 1 sendok makan air bersih, lalu remas dan saring. Gunakan air saringannya untuk menggosok rambut setelah keramas.

4. Badan lelah setelah bekerja atau letih sehabis sakit berat
Sediakan 2 genggam daun jeruk purut segar. Rebus dalam 3 liter air sampai mendidih (selama 10 menit). Tuangkan ramuan tersebut ke dalam 1 ember air hangat dan gunakan untuk mandi.
Baca Juga: Cara Meramu Bawang Merah Menjadi Obat - Manfaat & Khasiat Bawang Merah
Demikianlah manfaat dan khasiat Jeruk Purut, Cara meramu jeruk purut menjadi obat influenza, badan terasa lelah, rambut kepala yang bau (mewangikan kulit), kulit bersisik dan mengelupas, untuk mendapatkan jeruk purut anda bisa beli di pasar atau di supermarket.

Referensi : http://www.herbalisnusantara.com/obatherbal/view0268.html?mnu=2&id=221
Advertisement
Cara Meramu Daun & Buah Jeruk Purut Menjadi Obat - Manfaat/Khasiat Jeruk Purut