6 Makanan Ini Dapat Meredakan Stres, Coba Saja...!!

Jenis (Macam) Makanan / Minuman Yang Dapat meredakan Perasaan Stres - Pekerjaan yang menumpuk, menderita penyakit kronis tertentu, atau adanya masalah dalam kehidupan pribadi paling sering menimbulkan stres. Gejala atau ciri-ciri yang kerap muncul antara lain sensitif dan mudah marah, cemas yang berlebihan, selalu merasa takut tanpa alasan yang jelas, sulit berkonsentrasi, mood mudah berubah-ubah, cenderung berpikir negatif pada diri sendiri, kehilangan energi untuk melakukan sesuatu, sampai kehilangan selera humor.


Seringkali gejala tersebut juga disertai keluhan fisik seperti gangguan pencernaan, jantung berdenyut lebih cepat, otot-otot terasa tegang, bahkan tubuh sering berkeringat meskipun tidak sedang melakukan aktivitas fisik.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan kalau stres yang merupakan salah satu bentuk gangguan mental emosional dapat berakibat pada menurunnya beberapa fungsi organ tubuh. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan daya tahan tubuh jadi menurun, sehingga penyakit lebih mudah menjangkiti tubuh seseorang. 

Meskipun terkadang sulit dihindari, stres sebetulnya bisa dikelola dan dikendalikan, sehingga tidak sampai menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan fisik dan juga kejiwaan, salah satu cara yang paling mudah adalah mengkonsumsi makanan yang sehat, antara lain sebagai berikut...

Jenis Makanan Yang Dapat Meredakan Stres

1.) Cokelat
Saat suasana hati mulai tidak enak, cobalah makan sebatang cokelat manis. Beberapa kandungan cokelat ternyata juga cukup ampuh untuk memperbaiki mood dan bisa digunakan sebagai obat anti depresi.

2.) Buah-buahan
Tidak hanya mengandung serat dan mikro-nutrien yang dibutuhkan tubuh, buah-buahan juga bisa mengurangi produksi hormon stres, sekaligus menguatkan daya tahan tubuh.

3.) Asparagus
Kandungan asam folat yang tinggi dalam sayuran ini dapat menstabilkan mood seseorang. Asam folat juga membantu menghasilkan hormon serotonin, hormon yang dapat memicu rasa bahagia dan nyaman.

4.) Teh Hijau
Minum teh hijau dipercaya dapat membantu menurunkan stres. Karena selain mengandung antioksidan yang menyehatkan, teh hijau juga mengandung L-theanine yang memberi efek relaksasi pada otak.

5.) Gandum
Kandungan vitamin B pada gandum dapat menstimulasi produksi hormon serotonin, sehingga bisa menenangkan otak.

6.) Susu
Kandungan kalsium di susu dapat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf, sehingga sangat baik untuk menenangkan hati. Namun sebaiknya pilihlah susu jenis lowfat agar lemaknya tidak menumpuk di tubuh.

Baca Juga : Kenali Gejala Nyeri Dada Mulai Sekarang Agar Anda Terhindar Dari Serangan Jantung

Demikianlah 6 jenis makanan atau minuman yang dapat mengurangi, meredakan stres, panik, susdah tidur dan selalu cemas..

Referensi : Media interen Bpjs Kesehatan edisi xxv 2015
Advertisement
6 Makanan Ini Dapat Meredakan Stres, Coba Saja...!!