Mitos Dan Fakta Manfaat Buah Salak

Manfaat Dan Khasiat Buah Salak Untuk Kesehatan, Mitos Dan Fakta Seputar Manfaat Salak | Siapa yang tidak kenal buah salak? kalau kita melewati kota Yogyakarta bagian barat mendekati Purworejo atau sebelah timur Jogja mendekati Klaten, banyak sekali para pedagang di pinggir jalan menjajakan Salak Pondoh sebagai oleh oleh khas Yogyakarta.

Karena memang rasanya manis untuk sekelas buah salak, kalau daerah lainnya rasanya asem. Bicara buah salak nih... ternyata buah salak ini banyak sekali manfaatnya bagian kulit, daging pada buah ataupun bagian biji salaknya.


Sekitar 3 hari yang lalu saya menyimak acara di TVOne "Ayo Hidup Sehat" menghadirkan bintang tamu sebagai nara sumber yaitu dr. Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK. Ya memang kalau kita membicarakan tentang kesehatan maka harus bertanya ke ahlinya, jadi bukan sekedar kata orang lalu disebarkan langsung ke masyarakat, dan anehnya masyarakat luas menelan mentah" informasi itu tanpa bertanya dahulu..

Kandungan Nutrisi Salak

Dilansir Web MD, satu biji buah salak ukuran sedang dengan berat sekitar 100 gram mengandung 4 persen serat yang baik untuk pencernaan. Selain karbohidrat dan serat, salak juga mengandung beta karoten yang baik untuk mata.

Menurut Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, beta karoten yang terkandung dalam 1 biji buah salak kira-kira 5,5 kali lebih banyak dibandingkan yang ada di mangga, 3 kali lebih banyak dari jambu merah dan 5 kali lebih banyak dari semangka. 

Meski kaya nutrisi, namun banyak orang yang menghindari untuk mengkonsumsi salak karena dianggap dapat memicu sulit BAB, apakah itu benar? inilah mitos dan fakta seputar manfaat buah salak...

Mitos Dan Fakta Manfaat Buah Salak

1. Makan salak memperparah tukak lambung [Mitos]
Buah yang berbahaya bagi lambung itu yang mengandung gas dan buah-buah yang bergetah. Jadi kalau salak saya rasa aman saja."

2. Salak baik untuk kesehatan mata [Fakta]
Salak memiliki betakaroten yang baik untuk mata meskipun tidak setinggi wortel atau tomat."

3. Salak mampu cegah kanker prostat [Fakta]
Flavonoid dalam salak mampu menangkal radikal bebas, sehingga mampu mencegah kanker."

4. Bikin Sembelit [Mitos]
Saya memang belum pernah membaca penelitian yang menyebutkan salak bisa sebabkan sembelit. Tapi memang dampaknya pada masing-masing orang berbeda. Secara ilmiah tidak ada kaitannya. Salak justru banyak seratnya," ujarnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne Senin 19 Maret 2018.

5. Kulit ari salak cegah sembelit [Fakta]
Selain pada buahnya, kandungan serat juga banyak terdapat pada kulit ari salak, jadi mencegah sembelit. Serat dalam pencernaan fungsinya membentuk massa feses, sehingga lebih mudah keluar dan baik untuk penderita diare.

6. Salak bisa jadi obat mual untuk ibu hamil [Mitos]
Belum ada penelitian itu. Namun pada prakteknnya, ibu hamil suka konsumsi yang asam-asam, dan salak tidak memiliki bau, sehingga bisa dikonsumsi ibu hamil."

7. Mengandung serat tinggi [Fakta]
Kandungan serat salak ini disebut pektin, fungsinya dalam pencernaan itu menyerap gula dalam darah, sehingga baik untuk penderita diabetes."

Baca Juga : Manfaat Kemiri Hanya Sebatas Mitos?
Itulah manfaat dan khasiat Buah Salak yang meliputi kulit salak, daging buah salak, dan biji pada buah salak. Dan juga mitos dan fakta (benar atau tidak sih semua manfaat yang di sebutkan orang) di berbagai media cetak dan elektronik khususnya di situs situs kesehatan..

referensi : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1017865-konsumsi-salak-mampu-cegah-kanker-prostat
Advertisement
Mitos Dan Fakta Manfaat Buah Salak