Khasiat PALA | Cara Meramu Biji Buah Pala Menjadi Obat

Manfaat & Kasiat Biji Buah Pala - Buah pala termasuk ke dalam golongan rempah-rempah. Buah ini bearasal dari Pulau Maluku. Nama ilmiahnya adalah Myristica fragrans. Ciri-ciri morfologinya : Tinggi pohon bisa mencapai 20 meter dengan batang menjulang tinggi keatas membentuk piramid, daunnya berwarna hijau mengkilap dan sedikit gelap dengan ukuran panjang 4-5 cm serta lebar daun 3-7cm, bunga yang keluar dari ujung cabang dan ranting berwarna kuning, buah pala berbentuk bulat lonjong, warnanya hijau agak kekuning-kuningan. 


Jika sudah masak buah akan terbelah menjadi dua bagian. Diameter buah pala 3-9 cm. Daging buah pala tebal dan berasa asam. Biji pala bernetuk bulat sampai lonjong dengan panjang sekitar 2-4cm dan lebar sekitar 2 cm. Warna bagian luar biji pala yang masih segar adalah coklat mengkilap, sedangkan bagian dalamnya berwarna keputih-putihan.

Khasiat Pala

Buah Pala memiliki kandungan gizi yang komplit karena mengandung energi karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, serta vitamin A,B1, dan C.

Kandungan senyawa alami pada pala dapat mengatasi gangguan pencernaan, diantaranya mencegah rasa mual, menyembuhkan diare, mengobati perut kembung. Pala juga ampuh mengatasi gangguan susah tidur atau insomnia, selain itu juga jerawat dan noda pada wajah bisa hilang sehingga wajah jadi halus mulus.

Cara Meracik Biji Pala

1. Sebagai obat mengatasi gangguan pencernaan
- Masukkan 1 sdt bubuk pala dan 2 sdt bubuk buah pisang batu ke dalam 100 ml air hangat.
- Diaduk rata, segera minum selagi hangat beserta ampasnya.
- Lakukan setiap pagi sampai sembuh

2. Mengatasi rasa mual
Masukkan 1 sdt bubuk pala dan ¼ sdt garam halus ke dalam 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya

3. Sebagai obat mengatasi gangguan susah tidur
Siapkan segelas susu hangat. Campurkan 1 sdt bubuk pala ke dalam gelas susu tersebut. Minum ramuan ini sebelum tidur. 

4. Sebagai obat menghilangkan jerawat dan noda wajah
Campurkan bubuk biji pala ke dalam susu whole milk, aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada bagian wajah yang bermasalah, diamkan beberapa menit lalu bersihkan wajah seperti biasa.

Baca Juga : Khasiat Akar Aren - Cara Meracik Akar Aren Menjadi Obat Batu Ginjal

Demikianlah khasiat dan manfaat biji buah pala, dan cara meramu atau meracik pala menjadi obat yang patut anda coba...

Kontributor : www.facebook.com/oni.hayatripramudini
Advertisement
Khasiat PALA | Cara Meramu Biji Buah Pala Menjadi Obat