Makan Tempe Ternyata Bisa Mencegah Osteoporosis

Memanfaatkan Tempe Sebagai Obat Osteoporosis - Penyakit osteoporosis terdengar akrab bagi kaum wanita. Kasus osteoporosis yang paling beresiko tinggi ada pada wanita yang mengalami fase hamil, fase menyusui, dan fase menopause. Bagi wanita hamil dan menyusui harus berbagi kalsium dengan jabang bayi, sedangkan wanita yang mengalami fase menopause diakibatkan produksi hormon estrogen yang berkurang drastis.

Padahal estrogen berperan penting dalam penyerapan kalsium. Terapi osteoporosis biasanya harus dilakukan terapi sulih hormon seumur hidup. Terapi ini cukup mahal dan beresiko pendarahan rahim, penggumpalan darah di pembuluh darah, sampai beresiko kanker payudara dan leher rahim.


Terapi alami mencegah osteoporosis tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, salah satunya dengan pemberian senyawa fitoestrogen ke dalam tubuh. Senyawa fitoestrogen merupakan komponen alami yang ditemukan pada tumbuhan dan bersifat estrogenik (memiliki kemampuan berikatan dengan reseptor estrogen). 

Senyawa fitoestrogen mampu menimbulkan efek layaknya hormon estrogen namun dengan efek samping yang lebih sedikit. Tiga golongan utama fitoestrogen yaitu : isoflavon, lignan, dan coumestan. Ketika mengonsumsi tempe atau makanan lainnya yang berbahan dasar kedelai (tahu, susu kedelai, tauco) supplai isoflavon dalam tubuh akan tercukupi.

Manfaat Tempe Untuk Membantu Mengatasi Osteoporosis

Berbahagialah bagi Anda yang suka makan olahan yang berbahan dasar kedelai, salah satunya tempe, karena mengonsumsi tempe secara rutin serta dikombinasi dengan asupan vitamin D yang cukup dan olah raga yang benar secara teratur mampu mencegah terjadinya osteoporosis. 

Tempe merupakan hasil olahan dari kacang kedelai merupakan alternatif sumber kalsium yang sangat baik bagi mereka yang mau membatasi diri dari asupan kalori atau yang tidak suka susu. Semua makanan yang berasal dari kacang-kacangan merupakan sumber kalsium yang baik, hanya saja mengandung banyak lemak dan kalori.

Sayuran seperti bayam, brokoli, kol, dan bokchoy mengandung kalsium yang tidak terlalu banyak, meskipun demikian sayuran ini dapat melengkapi sebagai pemasok vitamin dan mineral. Sumber kalsium yang sangat tinggi dan sangat baik terdapat dalam tulang hewan.

Untuk mencegah osteoporosis memang diperlukan asupan kalsium yang cukup sejak dini bahkan sebaiknya sejak pertumbuhan semasa di kandungan. Tempe merupakan sumber kalsium organik yang aman.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kebutuhan kalsium dalam tubuh, antara lain :
  • Kalsium yang kita asup harus mudah dicerna dan diserap oleh tulang. Jika kalsium tidak mudah diserap oleh tulang akan berakibat meningkatnya kadar kalsium dalam darah, membentuk batu pada ginjal. 
  • Kadar kalsium dalam darah yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah mengeras, dan dapat berakibat fatal jika terkena pembuluh arteri pada hati dan paru-paru. 
Berikut ini kami uraikan jumlah kalsium yang perlu diasup untuk mencegah terjadinya osteoporosis.
  1. Wanita hamil membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1200 miligram/ hari. 
  2. Wanita menyusui membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1200 miligram/ hari. 
  3. Bayi umur 0-6 bulan membutuhkan asupan kalsium sebanyak 400 miligram/ hari. 
  4. Bayi umur 6 bulan – 1 tahun membutuhkan asupan kalsium sebanyak 600 miligram/ hari. 
  5. Anak umur 1 -10 tahun membutuhkan asupan kalsium sebanyak 800 miligram/ hari. 
  6. Umur 11-24 tahun membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1200 miligram/ hari. 
  7. Dewasa (pria dan wanita)membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1000 miligram/ hari. 
  8. Wanita postmenopause (tanpa terapi sulih hormon )membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1500 miligram/ hari. 
  9. Wanita postmenopause (dengan terapi sulih hormon )membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1000 miligram/ hari.
Jangan Lewatkan : Manfaat Kemiri Hanya Sebatas Mitos? Baca Yuk...!
Demkianlah info kesehatan kali ini, tentang manfaat tempe untuk mengatasi osteoporosis, dan jumlah kalsium yang perlu diasup untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Semoga bermanfaat..

Kontributor : https://www.facebook.com/oni.hayatripramudini
Advertisement
Makan Tempe Ternyata Bisa Mencegah Osteoporosis