Ternyata Tukak Lambung & Usus Bukan Karena Suka Makan Pedas

Tanda Dan Gejala Tukak Lambung dan Usus, Serta Tindakan Jika Terkena Tukak Lambung & Usus - Banyak orang yang beranggapan bahwa penyebab tukak lambung dan usus adalah makanan pedas dan stress, Namun setelah adanya penelitian secara mendalam, ternyata anggapan tersebut sudah tidak bisa diterima lagi kebenarannya. Tukak lambung adalah luka pada lapisan bagian dalam lambung , sedangkan tukak usus adalah luka pada lapisan bagian dalam usus.

Hasil penelitian para ahli kesehatan bahwa tukak di sebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini merupakan salah satu bakteri yang justru tahan terhadap asam lambung. Bakteri ini umumnya telah ada di dalam tubuh kita sejak masa kanak- kanak, dimana kita sering mengkonsumsi makanan yang kurang terjaga kebersihannya. 

Source image: https://id.linkedin.com/

Penyebab lain dari Tukak, yang biasa muncul pada orang setengah baya atau usia lanjut, adalah konsumsi obat antiradang yang terus-menerus. Obat ini biasanya diminum untuk meredakan nyeri sendi di lutut, pergelangan tangan, atau jari-jari.

Stres, makan makanan pedas, dan merokok bukan penyebab utama tukak tetapi hanya faktor pendukung yang dapat meningkatkan intensitas nyeri. Ketiga faktor ini dapat merangsang produksi asam lambung yang lebih banyak dan memperlambat pencernaan. 

Sehingga makanan akan lama berada di dalam saluran pencernaan, dan dapat bersentuhan lebih lama dengan luka. Oleh karena itu agar pengobatan tukak berlangsung lebih efektif, dokter sering menganjurkan pasien penderita tukak untuk menghindari makan makanan pedas, stres, merokok. 

Berdasarkan keberadaannya, tukak dibedakan 2 jenis, yaitu :

1. Tukak Lambung

Tukak lambung muncul di lambung, lebih sering terjadi pada pria usia lanjut. Karena lokasinya di lambung, maka luka akan terus-menerus bersentuhan dengan asam lambung sehingga proses penyembuhannya memerlukan waktu lebih lama di bandingkan tukak usus.


2. Tukak Usus

Tukak usus muncul di bagian awal dari usus, yang berdekatan dengan lambung. Lebih sering terjadi pada wanita, di rentang usia 30-50 tahun. Jumlah penderita tukak usus lebih banyak di bandingkan penderita tukak lambung. Proses pengobatannya lebih singkat, karena luka tidak bersentuhan dengan asam lambung secara terus menerus.

Jika Anda mengalami tukak, minum obat secara teratur sesuai anjuran dokter. Tukak yang sudah sembuh masih bisa kambuh kembali. Oleh karena itu perlu dilakukan tindakan pengobatan dengan tuntas, mencegah munculnya tukak kambuh kembali serta menghindari faktor pendukung yang dapat mempercepat kambuhnya kembali tukak.

Tanda Dan Gejala Tukak Lambung Dan Usus

1. Perut sebelah kiri terasa terbakar atau nyeri di tusuk-tusuk. Pada kasus yang lebih parah,nyeri bisa terasa dari bagian pusar hingga ke tulang payudara. Penderita merasakan nyeri sepanjang hari atau hanya ketika perut dalam keadaan kosong. Di malam hari nyeri sering membangunkan penderitanya dari tidur nyenyaknya di malam hari, khususnya pada selang waktu antara tengah malam hingga jam 3 dinihari.

2. Rasa penuh di perut, kadang disertai dengan sering bersendawa

3. Mual dan muntah, karena lambung dan usus terasa nyeri maka makanan tidak dapat dicernakan dengan baik, sehingga dapat muncul rasa mual atau keinginan untuk muntah.

Apa Yang Perlu Anda Lakukan Ketika Terkena Tukak?

Pengobatan tukak memerlukan bantuan dokter dan apoteker. Anda tidak bisa mengobatinya sendiri dengan obat bebas yang ada di pasaran. Biasanya dokter dan apoteker memberikan 2 jenis obat pertama, bahkan ditambahkan obat untuk mempercepat penyembuhan dan membuat Anda lebih cepat merasa nyaman, Obat-obatannya antara lain :
  • Antibiotik untuk membasmi bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini sangat kuat, maka umumnya Anda akan diberikan 2 jenis antibiotik, atau 1 antibiotik dengan dosis yang disesuaikan dengan ajuran dokter.
  • Obat yang menghambat produksi asam lambung hingga volume asam lambung tinggal 10-20%. Hal ini bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan, dan bakteri Helicobacter pylori tidak dapat berkembang biak.
  • Obat yang bekerja menetralkan asam lambung yang akan memberikan efek meredakan nyeri lambung. 
  • Obat yang berfungsi melapisi lambung atau usus, obat ini akan memberikan lapisan tambahan di lambung atau usus bagian dalam, sehingga selama proses penyembuhan, makanan atau asam lambung tidak bersentuhan langsung dengan luka. 
Jangan Lewatkan : Tanda Tanda, Gejala Atau Ciri Ciri Kanker Tulang Belakang

Dengan mengetahui penyebab utama, gejala, dan faktor pendukung penyakit tukak maka kini Anda sudah tahu apa yang perlu dilakukan. Lebih baik mencegah sakit daripada mengobati. Semoga Anda terhindar dari penyakit tukak.
Advertisement
Ternyata Tukak Lambung & Usus Bukan Karena Suka Makan Pedas